Raut kegembiraan nampak tersirat di wajah Abelliano Felby Pradhana, salah seorang siswa SMA Unggulan BPPT Al Fattah Lamongan yang berhasil mendapatkan Golden Ticket pada gelaran even tahunan Airlangga Education Expo (AEE) tahun 2020. Kegiatan AEE ini sendiri dihelat selama tiga hari, tepatnya sejak tanggal 21-23 Februari 2020.

Bukan tanpa usaha dan perjuangan, Abel memperoleh Golden Ticket dari Rektor UNAIR Surabaya, Prof. Moh. Nasih, setelah melalui seleksi yang ketat bersama ribuan pelajar se-Indonesia yang mendaftar di UNAIR melalui jalur SNMPTN dan kemudian pada kegiatan AEE, pelajar yang lolos tahap pertama harus melaksanakan seleksi tahap selanjutnya yang berupa interview secara langsung di atas panggung.

Pada hari pertama Expo, Abel bersama 30 pelajar lain dari seluruh Indonesia lulus interview dari kategori prestasi bidang kepemimpinan, dalam hal ini adalah yang pernah menduduki sebagai ketua OSIS di sekolahnya. Selain itu, pemberian tiket emas juga diberlakukan untuk pelajar yang berprestasi secara akademis, yaitu yang mendapat peringkat pertama hingga kelima serta memilih prodi baru di UNAIR.

Abel tidak menjadi satu-satunya yang ikut berangkat mengikuti Expo, dengan didampingi Guru BK, Ibu Sri Lestari, ada 5 siswi lain SMA Unggulan BPPT Al Fattah yang turut serta dalam seleksi pada kategori prestasi akademis, yaitu Iffah Nur Halimatuz Zuhriyah, Putri Ayu Inayanti, Silviana Alifiya Yulianti, Narda Eka Rohmah Safitri dan Maulana Lailatus Sa’idah. Namun diantara para siswa-siswi tersebut, Abel ternyata mempunyai keberuntungan tersendiri karena berhasil diterima di UNAIR jurusan Akuakultur di Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan.

“Sungguh saya sangat bersyukur dan menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bisa berhasil mendapatkan Golden Ticket secara langsung dari Pak Rektor Unair,” Ungkap Abel ketika diwawancarai oleh reporter Iqro’ Library. Ia juga berharap semoga bisa menginspirasi adik-adik angkatannya, sehingga mereka bisa lebih giat lagi dalam memacu prestasi baik dalam bidang akademis maupun non akademis.

Penulis : Jadid Al Farisy